Sejarah Kawah Putih Bandung

Kawah putih yg anda lihat saat ini adalah kawah gunung patuha, namun , nama tersebut kalah populer dengan nama kawah putih bandung, karena memang tanah dan air ny bewarna keputihan.konon asal mula nama gunung patuha ini bermula dari nama sepuh, yg dalam bahasa indonesia di sebut pak tua, berubah menjadi patuha.

kawah putih

Menurut para ahli, sejarah terbentuk ny kawah bermula pada abad x dan x11 di mana terjadi sebuah letusan yg membentuk sebuah kawah besar yg sangat indah, tapi sayang ny keindahan ini tidak di ketahui leh masarakat setempat, bahkan banyak di anatara mereka menganggap tempat ini sangat lah angker, bahkan segerombolan burung yg terbang  jarang sekali melewati gunung ini, kalau pun ada burung itu akan mati, hal ini di sebabkan karena kepercayaan masarakat sekitar, di puncak gunung ada 7 makam para leluhur/sesepuh, yg setiap nama ny di awali dengan nama eyang ( eyang jaga satru, rangsa sadana,camat, ngabai,eyang barabak, baskom dan jambrong )

Kepercayaan mengenai ke angkeran kawah lambat laun terbantahkan, pada tahun 1837 seorang belanda keturanan jerman bernama Dr. Frans Wilhelm Junghuhn ( 1809 - 1864 ) berkunjung ke bandung ciwidey, saat itu dy memandangi  sebuah gunung yg sangat sepi bahkan tak seekor burung pun yg terbang di atas ny, hal ini membuat ny penasaran dan ia mencari informasi kepada masarakat setempat tentang ke anehan tersebut. hampir dari mereka semua menceritakan hal yg sama bahwa gunung patuha itu sangat lah angker dan tempat perkumpulan para arwah leluhur dan kerajaan mkluk halus,singkat cerita keturunan jerman ini angsung mendatangigunung tersebut, dan setelah sampai di ucak gunung patuha. Franz Wilhelm kaget karna ia melihat sebuah kawah yg sangat indah dengan air yg sedikit hijau dan semburan larva di atas ny, selain itu di beberapa lokasi terciu bau belerang yg sangat menyengat.

Atas jasa Franz Wilhelm, pemerintah belanda yg menjajah indonesia saat itu mendirikan pabrik kapur dengan nama Zwavel ontgining kawah putih, namun setelah kekuasaan di ambil oleh pemerintah jepang nama ini pun berubah menjadi nama , kawah kenzaka yokoya ciwidey . Sejak thn 1991 sampai sekarang, perum perhutani mengembang kan kawah ini sebagai objek wisata kawah putih ciwidey.


Untuk informasi dan pemesanan SEWA MOBIL DAN BUS PARISWISATA SERTA PAKET WISATA  Bandung lainnya, silahkan hubungi kami di alamat dan kontak di bawah ini:
Jln. Terusan Jakarta, Ruko Puri Dago Kav. 20 Antapani Bandung (Dekat Terminal Antapani Bandung)
Office : 022 8778 8660
XL : 085974923289
Simpati : 0821 2663 3769
Pin BB : 5A38F687
Whats App : 085974923289
Email : armanpasaman@gmail .com
Yahoo : armanpasaman@ymail.com
 

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Benjamin Frankline
Back To Top